Siapa Aku ?

Satu pertanyaan yang menggayuti pikiranku tiap malam menjelang tidur.
Siapa aku ?
Bermain sebagai siapakah aku hari ini ?
Aku sendiri bingung dengan peran yang kujalankan hari ini.
Ada yang bilang aku ini bajingan, maha bajingan malah.
Ada yang bilang aku ini budiman, maha budiman malah.
Aku menguasai Al Quran dan Hadits, mengerti hukum-hukum Islam bahkan memahaminya lebih baik dari seorang lulusan pondok pesantren.
Tapi aku juga memahami dunia hitam yang kelam bahkan lebih baik dari preman yang malang melintang tiap malam.

Lantas Siapa Aku ini ?

Aku membangun banyak segi hidup.
Di tempat ini, aku dipahami sebagai seorang ustadz yang lemah lembut.
Di tempat lain aku dipahami sebagai seorang bajingan yang sangar.
Di tempat itu, aku dipahami sebagai pemuda nakal yang suka menggoda wanita.
Namun di kalangan lain, aku dipahami sebagai pemuda yang penuh sopan santun.
Aku hidup dengan banyak identitas.
Aku hidup dengan puluhan nama yang disandangkan dalam identitasku.
Aku bukan orang putih, juga bukan orang hitam.
Aku orang abu-abu.
Kata seorang sahabat : ada jenis manusia yang mampu hidup dalam dua dunia sekaligus. Dunia putih dan dunia hitam. Manusia itu adalah manusia paling dingin sedunia. Manusia tanpa perasaan. Manusia Jenius.
Dia benar.

~ by rajaedan on 15 March 2008.

Leave a Reply

 
