Seorang Lelaki Dengan Sederet Angka NIP

Aku melirik jam di pergelangan tanganku. Sudah jam 2.00 dini hari.
Hhh…. Entah mengapa aku masih disini.
Suasana Kafe Billyard masih ramai meskipun waktu sudah menjelang subuh.

Perlahan aku meletakkan stik di tanganku dan menyerahkannya kepada Jack.
” Mau kemana, Boy ?”
Aku memandangnya sekejap.
“Aku harus pulang, Jack.”
“Masih sore, Boy. Ayolah main dulu satu koin lagi.”
“Thanks, tapi aku harus pulang sekarang.”
Aku melangkah keluar dari kafe yang penuh hingar bingar dan sesak dengan kepulan asap rokok itu. Karena besok aku harus masuk kerja. Menjalani segala rutinitas yang memuakkan. Sebuah pekerjaan yang bernama PNS. Busuk.

Yah memang beginilah hidup harus dijalani. Setiap hari aku memandang dengan penuh iri kepada Jack, Alex, Boby dan yang lainnya. Mereka menatap hidup dengan penuh kebebasan. Tanpa harus dibatasi. Oleh apapun atau oleh siapapun.

Aku?

Dulu memang aku memiliki kebebasan itu.

Namun sekarang aku hanyalah seorang lelaki dengan sederet angka NIP.

Angka NIP yang selalu akan menempel di sebelah namaku.
Dengan segenap aturan dan batasan yang mengekangku seumur hidup.
Sejak dulu aku sudah tahu kalau memang akan seperti ini kejadiannya.
Tapi ketika semua orang termasuk kedua orang tuaku mendesakku untuk menjadi bagian dari birokrasi, toh aku tetap tak mampu menolaknya.

Satu pertanyaan yang terus hadir dalam benakku, dan anehnya aku sendiri nggak tahu apa jawabannya. Apa aku bahagia ?

Dan anehnya aku sendiri sampai sekarang nggak pernah tahu apa jawabannya. Aneh. Tapi itulah kenyataannya. Karena mungkin sampai sekarang aku nggak tahu apa yang disebut bahagia itu.

Karena hidupku memang hanya berkutat pada kesedihan, kehampaan dan kehilangan.

Ataukah itu memang sudah menjadi takdirku ?

~ by rajaedan on 17 March 2008.

Leave a Reply

 
